Salam Arsitektur

Saturday 13 April 2013

Air Mancur Simbol Kesejukan di Khatulistiwa

 

     Optimisme terus digaungkan oleh pimpinan Universitas Tadulako (Untad). Bertempat di Taman Untad depan Gedung Rektorat, pada Senin (18/3), diselenggarakan peresmian penggunaan hasil pembangunan di Untad sepanjang tahun 2012 silam.

    Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir, SE., MS., dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan simbolisasi dari diresmikannya penggunaan bangunan dan infrastruktur yang dibangun sepanjang tahun 2012. Pemilihan tempat di Taman Untad, semata-mata dilakukan dengan mempertimbangkan adanya air mancur yang juga diresmikan.

“Air mancur ini sebagai simbol kesejukan di perguruan tinggi yang kita cintai ini,” tandas Prof. Basir.
 
    Pemilihan simbolik itu, lanjut Rektor, juga mempertimbangkan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dilintasi garis khatulistiwa. Adanya bentangan khatulistiwa itu, tentu saja membuat temperatur udara lebih panas dibandingkan dengan daerah lainnya.

“Jadi air mancur ini diharapkan dapat menjadi penyejuk. Olehnya, pimpinan Untad, para dosen, dan pegawai, wajib menghadirkan kesejukan kepada mahasiswa, juga kesejukan persaudaraan, selayaknya kesejukan yang disimbolkan dengan air mancur ini,” jelas Guru Besar Ilmu Tanah Fakultas Pertanian itu.

    Rektor juga menitipkan pesan agar fasilitas yang telah terbangun dapat dijaga dan dirawat dengan baik. Apalagi, taman Untad beserta air mancur yang ada, bukan lagi sekadar kebanggaan Untad sendiri, melainkan sudah menjadi kebanggaan masyarakat Sulteng. Hal itu dibuktikan dengan ramainya pengunjung dari berbagai daerah yang menyempatkan diri untuk sekadar berfoto dan bersantai di Taman Untad pada sore hari.

“Hal itu di luar perkiraan kami. Ternyata menjadi objek wisata, dan tentu saja kebanggaan. Olehnya, diharapkan dapat dipasang rambu-rambu dan penjagaan untuk mengatur pengunjung agar dapat tertib, sehingga fasilitas yang ada dapat terawat dengan baik,” harap Rektor.

    Setelah penyampaian sambutan, didampingi oleh Ketua Dewan Pertimbangan beserta seluruh wakil rektor, secara bersama Rektor menekan tombol sirene tanda diresmikannya air mancur Untad beserta seluruh infrastruktur yang telah dibangun sebelumnya. (Tq)

sumber : Media Tadulako

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Categories

Blog Archive

COMMUNITY SERVICE atau pengabdian masyarakat tki-mai XXXIV merupakan perwujudan manifesto ARSITEKTUR nusantara dan archilpelago concept ya...